Minggu, 28 Agustus 2011

Festival Layang-layang di Pantai Mertasari Sanur Bali

Layang-layang biasanya dimainkan oleh anak-anak. Namun demikian, ini tidak terjadi di Bali. Banyak turis asing dewasa memainkan permainan layang-layang di Pantai Mertasari, Sanur, Bali. Tentu saja, ukuran layang-layangnya tidak seperti halnya yang dimainkan anak kecil. Ukurannya bisa mencapai 10 meter lebih.
Untuk menaikkan layang-layang ini, diperlukan dua sampai tiga orang. Tentunya, ini juga memerlukan keahlian khusus lho. Benang diganti dengan tambang ukuran sedang. Pertama-tama, tambang tersebut harus diikatkan terlebih dahulu di pohon atau tiang yang tetap lainnya sebelum menerbangkannya.
Tidak seperti halnya permainan layang-layang umumnya, layang-layang ini dibiarkan saja meliuk-liukan diri di angkasa. Karena, liukan atau tarian itulah yang dinilai dari permainan layang-layang ini. Tentunya, liukan tersebut tidak bisa digerakkan dari tambang, melainkan dari keseimbangan layang-layang itu sendiri pada saat dibuat.
Banyak turis asing saat ini gemar memainkan layang-layang ini. Jika melihat ke atas, layang-layang banyak terlihat di langit. Ini memang seperti festival layang-layang, walaupun tidak ada hadiah, juri ataupun pemenangnya. (lj)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar